10 Makhluk Supernatural yang Disebutkan dalam Islam

Jul 30, 2021
Sejarah

Islam sebagai agama yang mengajarkan ajaran-ajaran ilahi, mempercayai keberadaan makhluk-makhluk gaib dan supernatural. Dalam ajarannya, Islam menyebut beberapa makhluk yang tidak terlihat oleh mata manusia namun memiliki kekuatan luar biasa. Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah, "Apakah peri itu ada menurut Islam?"

Jin

Makhluk jin adalah salah satu makhluk supernatural yang disebutkan dalam Islam. Mereka tercipta dari api oleh Allah SWT dan memiliki kekuatan yang jauh melebihi manusia.

Setan

Setan atau syaitan adalah makhluk gaib yang mencoba menggoda manusia agar melakukan perbuatan jahat dan menyimpang dari ajaran Islam.

Malaikat

Malaikat adalah makhluk spiritual yang tunduk pada perintah Allah SWT dan bertugas menjaga manusia serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai ketentuan-Nya.

Peri

Peri atau sering juga disebut sebagai Jinn jauh lebih ekstra karena mereka mampu merubah bentuk. Maka dari itu, hal ini dimaksudkan dalam bentuk keanehan yang mengagetkan para manusia.

Makhluk Halus

Makhluk halus sering dikaitkan dengan keberadaan jin atau syaitan yang tidak terlihat oleh mata manusia namun bisa memberikan gangguan jika tidak dijauhi dari perilakunya.

Hantu

Hantu adalah roh dari orang-orang yang sudah meninggal dunia namun terus berkelana di dunia ini karena beberapa alasan tertentu. Mereka dapat melakukan intervensi pada manusia yang masih hidup.

Qarin

Qarin adalah jin yang menaungi seseorang dari lahir hingga mati. Tugasnya adalah menggoda dan mengganggu manusia dari setan atau syaitan agar berbuat maksiat.

Illiyin dan Sijjin

Illiyin adalah tempat dimana amal-amal baik manusia dicatat sedangkan Sijjin adalah tempat dimana amal buruk dicatat oleh para malaikat. Illiyin adalah tempat bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, sementara Sijjin untuk mereka yang durhaka.

Al-Masih ad-Dajjal

Al-Masih ad-Dajjal adalah salah satu makhluk over the top yang akan muncul di akhir zaman sebelum datangnya hari kiamat. Dia akan menyesatkan manusia dengan memperlihatkan kekuatan supranaturalnya.

Nazgul

Nazgul adalah makhluk supernatural yang dikonsep secara puitis dalam literatur Islamik. Mereka digambarkan sebagai makhluk yang menyeramkan dan sering menjadi tokoh antagonis dalam cerita.

Dari penjelasan di atas, ternyata Islam memiliki banyak sekali kisah-kisah tentang makhluk-makhluk supernatural yang dianggap ada di dalam kehidupan kita. Semua makhluk tersebut memiliki peran dan kekuatan yang berbeda-beda. Semoga pengetahuan mengenai hal ini bisa memberikan pemahaman lebih dalam bagi kita semua.