10 Adab Membaca Al-Qur'an

Feb 3, 2019
Sejarah

Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup dan sumber petunjuk. Membaca Al-Qur'an bukanlah hal yang sepele, melainkan ibadah yang harus dilakukan dengan penuh khushu' dan adab. Berikut adalah 10 adab penting yang perlu diperhatikan saat membaca Al-Qur'an:

1. Niat yang Lurus

Sebelum membaca Al-Qur'an, pastikan niatkan ibadah tersebut hanya untuk Allah SWT. Baca Al-Qur'an dengan tulus dan ikhlas sebagai bentuk ibadah kepada-Nya.

2. Wudhu yang Suci

Saat akan membaca Al-Qur'an, pastikan diri dalam keadaan suci dengan melakukan wudhu yang benar. Kebersihan fisik dan spiritual sangat penting dalam membaca kitab suci.

3. Memakai Pakaian yang Layak

Pilihlah pakaian yang sopan dan layak saat membaca Al-Qur'an. Hindari memakai pakaian yang terbuka atau tidak pantas saat berhubungan dengan kitab suci.

4. Heningkan Suasana

Usahakan membaca Al-Qur'an di tempat yang tenang dan hening. Jauhkan diri dari gangguan dan kebisingan agar dapat lebih khusyuk dalam membaca ayat-ayat suci.

5. Muraqabah (Menyadari)

Disadari bahwa membaca Al-Qur'an adalah dialog langsung antara hamba dengan Sang Pencipta. Tanamkan kesadaran ini saat membaca setiap ayat Al-Qur'an.

6. Merenung

Selalu berniat untuk merenungkan makna ayat-ayat Al-Qur'an yang dibaca. Luangkan waktu untuk memahami pesan dan ajaran yang terkandung di dalamnya.

7. Tartil dan Tajwid yang Benar

Perhatikan tajwid dan tartil (cara membaca pelan dan jelas) saat membaca Al-Qur'an. Pelajari dengan teliti hukum-hukum tajwid untuk membaca dengan benar.

8. Berdoa sebelum dan sesudah Membaca

Mohonlah perlindungan, petunjuk, dan keberkahan dari Allah sebelum memulai membaca Al-Qur'an. Serta jangan lupa bersyukur dan berdoa setelah selesai membaca.

9. Tadabbur (Meratapi)Renungkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan penuh tadabbur (merenung) untuk mendalami makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Perdalam pemahaman terhadap ajaran-ajaran Allah.

10. Amalkan dalam Hidup

Ayat-ayat Al-Qur'an yang dibaca tidak hanya untuk diamalkan dalam ibadah, tetapi juga harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Amalkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.