Tulang Terpanjang di Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Jun 27, 2022
Sejarah

Tulang Paha (Femur)

Tulang paha atau femur adalah tulang terpanjang di tubuh manusia. Tulang ini terletak di bagian atas kaki dan menjadi tulang terkuat yang mendukung berat badan kita saat berdiri dan berjalan.

Tulang Tulang Belakang (Vertebrae)

Tulang belakang terdiri dari serangkaian tulang yang disebut vertebrae yang membentuk tulang punggung. Fungsi utamanya adalah melindungi sumsum tulang belakang yang merupakan bagian penting dari sistem saraf.

Tulang Betis (Tibia dan Fibula)

Tulang betis terdiri dari dua tulang, yaitu tibia dan fibula. Tibia adalah tulang yang lebih besar dan kuat di bagian depan, sementara fibula terletak di sisi luar betis.

Tulang Lengan Atas (Humerus)

Tulang lengan atas atau humerus merupakan tulang panjang yang terletak di lengan atas. Humerus berperan penting dalam aktivitas penggerakan lengan.

Tulang Selangka (Clavicle)

Clavicle lebih dikenal sebagai tulang selangka yang menghubungkan sternum dengan bahu. Tulang ini penting dalam menopang berat benda yang diangkat oleh tangan.

Tulang Jari (Phalanges)

Tulang jari, juga dikenal sebagai phalanges, merupakan rangka jari yang terdiri dari tulang-tulang kecil. Mereka memungkinkan kita untuk melakukan berbagai gerakan jari.

Tulang Lengkung Dada (Sternum)

Tulang sternum terletak di tengah dada dan merupakan bagian penting dalam melindungi organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Tulang Pinggul (Pelvis)

Tulang pinggul atau pelvis adalah tulang besar yang membentuk bagian bawah tubuh manusia. Pelvis berperan penting dalam menopang berat badan dan menghubungkan tulang tungkai dengan tulang belakang.

Tulang Bahu (Shoulder Blade)

Shoulder blade atau tulang bahu merupakan tulang datar yang terletak di bagian belakang bahu. Tulang ini memungkinkan berbagai gerakan lengan ke samping dan ke belakang.

Tulang Tengkorak (Cranium)

Cranium atau tulang tengkorak adalah kerangka kepala yang melindungi otak manusia. Tulang ini terdiri dari beberapa bagian yang terhubung secara rapat untuk melindungi bagian otak yang penting.